Prayuda, Randy (2015) Usaha Konveksi “Tangkelek” : Perkembangan Sebuah Brand Lokal di Kota Padang (2009-2014). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RANDY_PRAYUDA_97130_5041_2015.pdf [thumbnail of B1_2_RANDY_PRAYUDA_97130_5041_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RANDY_PRAYUDA_97130_5041_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan secara pesat usaha dibidang konveksi yang sukses di Kota Padang yaitu “Tangkelek”, Penelitian ini termasuk ke dalam
sejarah perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis latar belakang berdiri dan mengetahui strategiUsaha Konveksi “Tangkelek” sehingga mampu bertahan dan berkembang dariselama lebih kurang 5 tahun.
Penelitian ini merupakan sejarah dengan menggunakan metode dasar sejarah, yang meliputi empat tahap yaitu: heuristik, kritik sumber, interpretasi serta historiografi (penulisan
sejarah). Pertama, penulis mengumpulkan semua data yang berhubungan dengan topikpenelitian yaitu sumber primer dan sumber sekunder.Sumber lebih banyak diperoleh melalui
wawancara dengan narasumber dan pihak terkait lainnya dengan menyiapkan pertanyaanpertanyaan pokok yang sudah dirancang
sebelumnya,penulis melakukan wawancara
dengan
10
orang informan.Kedua,
dilakukan
kritik
sumber
terhadap
data
yang
telah
diperoleh.Ketiga
interpretasi
data yaitu
bagaimana
usaha
konveksi
“tangkelek”
berkembang
dalam
usaha
yang
didirikanya
dan
mampu
bersaing dengan
produk-produk
lokal
lainya
di Kota
Padang.
Keempat,
historiografi
yaitu
penulis
memaparkan
hasil
penelitian
dalam
bentuk
sebuah
karya
ilmiah
berupa
skripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang berdiri usaha Konveksi
Tangkelek berawal dari kerjasama dua sahabat yang ingin mendirikan suatu usaha yang
bergerak di bidang konveksi atau pakaian oleh Fefri Rusji dengan Khalid Arafah.Strategi
yang diterapkan di usaha Konveksi Tangkelek milik Fefri Rusji dan Khalid Arafah dalam
mencapai perkembangan di Kota Padang kurun waktu 2009 sampai 2014 adalah: pertama,
pemilihan lokasi usaha yang strategis. Kedua, bersaing dalam harga untuk menarik minat
pelanggan.Ketiga,desain kemasan sebagai alat komunikasi dan menarik konsumen.
Keberhasilan yang diperoleh Fefri Rusji dan Khalid Arafah memiliki kemampuan untuk
bertahan dalam waktu yang cukup panjang sehingga adanya cabang selain di Kota Padang ,
dengan manajemen yang rapi, juga bagaimana perkembangan modal dan model
produknyasehingga peningkatan usahanya penting diungkap dalam mencapai kesuksesan di
ibukota propinsi yakni Padang.
.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:14 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11402 |