Pengembangan Modul E-learning pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) untuk Siswa SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan

Putri, Dewi Sari Ramana (2014) Pengembangan Modul E-learning pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) untuk Siswa SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_DEWI_ SARI_ RAMANA_ PUTRI_97646_1793.pdf] Text
B1_03_DEWI_ SARI_ RAMANA_ PUTRI_97646_1793.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurangnya pengembangan media dan bahan ajar di sekolah menyebabkan kegiatan belajar menjadi kurang menarik. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi siswa, salah satunya dengan menggunakan perangkat dan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik. E-learning merupakan pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronik, khususnya perangkat komputer dan internet. E-learning dapat memperkaya sumber belajar dari dunia maya(internet) sehingga dapat menjadikan konsep-konsep lisrtrik yang abstrak menjadi lebih konkret. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul e-learning yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik untuk siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D, yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Namun dalam penelitian ini tahap penyebaran tidak dilakukan. Modul e-learning yang dikembangkan divalidasi oleh 5 validator yaitu 2 dosen dan 3 guru SMK. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 guru dan 21 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (post test) berupa soal objektif sebanyak 30 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis gain skor dinormalisasi. Dari hasil penelitian dihasilkan modul e-learning menganalisis rangkaian listrik yang dikembangkan dibuat menggunakan Learning Managemen System dengan software moodle versi 2.4.2. dengan nilai validitas modul adalah 85,17% dengan kriteria valid. Nilai praktikalitas modul e-learning oleh guru 88,86% dengan kriteria praktis. Nilai praktikalitas oleh siswa 91,07%dengan kriteria sangat praktis. Modul e-learning efektif digunakan dalam pembelajaran MRL di kelas X SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan yang ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa sesudah dengan sebelum menggunakan modul e-learning.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul e-learning, Menganalisis rangkaian listrik (MRL), Siswa SMK teknik ketenagalistrikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 19 May 2025 06:42
Last Modified: 19 May 2025 06:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item
View Item