Bunda, Sri Restu (2010) Implementing Peer Assisted Writing Activity to Improve Students’ Ability in Writing Analytical Exposition Text. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_SRI_RESTU_BUNDA_72729_1429_2011.pdf [thumbnail of B1_SRI_RESTU_BUNDA_72729_1429_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_SRI_RESTU_BUNDA_72729_1429_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam makalah ini, penulis membahas tentang penggunaan Peer Assisted Writing Activity dalam pengajaran menulis. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam menulis berbagai jenis teks, termasuk teks analytical exposition. Ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti siswa tidak mengetahui bagaimana cara menulis sebuah teks yang sesuai dengan struktur teks tersebut. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh teknik pengajaran yang digunakan oleh guru masih belum efektif dan bervariasi sehingga belum dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Oleh karena itu, melalui penerapan teknik Peer Assisted Writing Activity diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulias teks analytical exposition. Pada dasarnya, penerapan Peer Assisted Writing Activity dalam pengajaran menulis teks analytical exposition terdiri atas empat tahap. Tahap pertama, Building Knowledge of Field (BKOF), pada tahap ini guru diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan siswa tentang topik yang akan dipelajari. Tahap kedua, Modeling of Text (MOT), guru memberikan model teks dan proses dalam menulis sebuah teks yang akan diajarkan. Selanjutnya pada tahap ketiga, Joint Construction of the Text (JCOT), guru menjelaskan tentang langkah-langkah dalam penerapan Peer Assisted Writing Activity secara berpasang-pasangan. Pada tahap terakhir, Independent Construction of the Text (ICOT), siswa ditugaskan menulis karangan sendiri. Oleh karena itu, penerapan Peer Assisted Writing Activity ini dalam pengajaran menulis, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam menulis teks analytical exposition.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:41 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11393 |