Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Meremas Adonan pada Anak Tunagrahita Ringan: Single Subjeck Research di SLB YPPA Padang

Sartika, Yulian (2013) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Meremas Adonan pada Anak Tunagrahita Ringan: Single Subjeck Research di SLB YPPA Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YULIAN_SARTIKA_03947_470_2013.pdf] Text
B1_2_YULIAN_SARTIKA_03947_470_2013.pdf

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di lapangan yaitu pada seorang anak tunagrahita ringan kelas TK B (TK lanjut) yang mengalami gangguan dalam motorik halus. Dari hasil asesmen anak mengalami gangguan dalam kegiatan sekolah seperti: memegang pena, meniru bentuk lingkaran, segitiga, segi empat, meems kertas bebas dan merobek ketas berpola. Maka dari itu peneliti berupaya membantu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus jari tangan anak melalui meremas adonan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan TK di SLB YPPA Padang. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan alas an anak yang diteliti tunggal atau satu. Langkah-langkah penggunaan SSR ini dilakukan dalam kondisi yang berbeda menggunakan desain A-B. dimana kondisi A adalah baseline yakni kondisi awal kemampuan anak dalam motorik halus sebelum diberikan tindakan. Sedangkan kondisi B merupakan kondisi intervensi yakni kondisi dimana anak diberikan intervensi melalui latihan meremas adonan. Hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan kelas TK di SLB YPPA Padang meningkat setelah diberikan latihan memas adonan. Hal ini terbukti ketika pengamatan yang dilakukan dalam dua sesi yaitu pertama sesi baseline sebelum diberikan intervensi (A) yang dilakukan sebanyak lima kali pengamatan, dan persentase kemampuan motorik halus pada kondisi ini terletak pada rentang 0%,0%,0%,0% dan 0%. Kedua, sesi intervensi (B) dengan menggunakan latihan meremas adonan, pengamatan dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan, dan persentase kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan pada kondisi ini terletak pada rentang, 22,22%.22,22%,50%,50%,72,22%,72,22%,100%,100%. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat dimaknai bahwa motorik halus anak tunagrahita ringan kelas TK SLB YPPA Padang dapat meningkat melalui latihan meremas adonan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan motorik halus, Meremas adonan, Anak tunagrahita ringan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 19 May 2025 06:40
Last Modified: 19 May 2025 06:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11387

Actions (login required)

View Item
View Item