Enriching English Vocabulary of Junior High School Students by Using Poem as a Medium of Teaching

Nurkasma, Siti (2010) Enriching English Vocabulary of Junior High School Students by Using Poem as a Medium of Teaching. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_SITI_NURKASMA_10064_1847_2011.pdf] Text
B1_SITI_NURKASMA_10064_1847_2011.pdf

Download (156kB)

Abstract

Kosakata (vocabulary) merupakan faktor penting dalam mempelajari bahasa. Orang tidak bisa mendengar, berbicara, membaca, dan menulis tanpa mengetahui kosakata. Begitu juga dalam mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris, kosakata memegang peranan yang sangat penting. Meskipun vocabulary merupakan dasar untuk menguasai empat keterampilan berbahasa seperti yang telah disebutkan di atas, namun kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa sekolah yang belum menguasai vocabulary dengan baik, termasuk siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang menarikya proses belajar mengajar di kelas, sehingga siswa mudah bosan dan akhirnya mereka tidak memperhatikan penjelasan guru. Agar permasalahan di atas tidak berlarut-larut, maka guru harus menemukan solusinya. Salah satu cara yang bisa dipakai guru adalah dengan menggunakan media pengajaran dalam proses belajar mengajar vocabulary. Poem adalah salah satu media yang menarik untuk mengajarkan vocabulary, karena poem berisikan kata-kata konotatif sehingga siswa akan merasa tertantang untuk menemukan makna sebenarnya dari kata-kata tersebut. Disamping itu, mengajarkan vocabulary dengan menggunakan poem juga bisa meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan cara meminta siswa untuk membaca poem dengan keras.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 19 May 2025 05:46
Last Modified: 19 May 2025 05:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11376

Actions (login required)

View Item
View Item