Masdalena, Masdalena (2018) Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Strategi Discovery Learning di Kelas XI IPS 2 SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_MASDALENA_1302176_2920_2018.pdf [thumbnail of B1_04_MASDALENA_1302176_2920_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_MASDALENA_1302176_2920_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi pada siswa kelas XI IPS 2 disebabkan proses pembelajaran yang belum sepenuhnya berpusat kepada siswa (student-centered). Pembelajaran sosiologi menuntut keaktifan siswa, tapi nyatanya siswa kurang aktif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi siswa dengan menerapkan strategi discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa dengan menggunakan strategi discovery learning dalam pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 2 SMAN 8 Padang. Manfaat penelitian ini sebagai bahan masukan bagi guru sosiologi terutama di SMAN 8 Padang dalam meningkatkan partisipasi siswa sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah lembaran observasi yang berbentuk daftar ceklis yang memuat indikator partisipasi belajar siswa. Hasil penelitian terhadap partisipasi siswa dalam proses pembelajaran diolah dengan menggunakan rumus persentase P= F/N x 100%. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila hasil observasi partisipasi siswa diakhir siklus berada dalam kategori baik (>60%). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi. Persentase partisipasi siswa pada siklus I sebesar 49,18% dan pada siklus II naik menjadi 73,05%, berarti terjadi peningkatan partisipasi siswa dengan menggunakan strategi discovery learning dari siklus I ke siklus II sebeasar 23,87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi discovery learning dapat meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 2 SMAN 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi, PTK, Discovery Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 19 May 2025 05:46 |
Last Modified: | 19 May 2025 05:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11370 |