Wulandari, Desty (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 40 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DESTY_WULANDARI_15004021_2598_2019.pdf [thumbnail of B1_03_DESTY_WULANDARI_15004021_2598_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DESTY_WULANDARI_15004021_2598_2019.pdf
Download (10MB)
Abstract
Desty Wulandari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 40 Padang. Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Berdasarkan masalah yang ditemukan pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 40 Padang, masih banyak siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan, guru tidak menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 40 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk quasy experiment. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 40 Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik pusposive sampling, dimana siswa kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa 27 orang siswa untuk setiap kelasnya. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda (objektif), berjumlah 40 butir soal dan alat pengumpulan data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian berupa data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan video 77,093 dan nilai rata rata kelas kontrol 66,019. Hal ini terlihat perbedaan yang signifikan dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung 3,922. Sedangkan ttabel pada α 0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka thitung > ttabel (3,922 > 2,000). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 40 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model inkuiri, Media video, IPA, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 19 May 2025 05:13 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11358 |