Simeltasari, Simeltasari (2011) Using the Collaborative Writing Technique in Teaching Writing Brochures to Junior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_SIMELTASARI_72652_5797_2011.pdf [thumbnail of B1_SIMELTASARI_72652_5797_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_SIMELTASARI_72652_5797_2011.pdf
Download (564kB)
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu bagian yang penting yang harus dimiliki dan dikuasai oleh siswa SMP dalam mempelajari bahasa Inggris. Dengan menulis siswa bisa mengeluarkan pendapat, ide-ide dan mengekspresikan perasaan melalui tulisan. Siswa diharapkan bisa menulis beberapa materi dalam bahasa Inggris, salah satu dari materi itu adalah brochure. Oleh karena itu, guru harus memberikan kegiatan-kegiatan yang tidak membosankan. Makalah ini hanya membahas salah satunya, yaitu menggunakan collaborative writing sebagai teknik untuk menulis brosur. Collaborative writing adalah suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam aktivitas kelompok kecil (minimal dua orang) untuk menghasilkan sebuah tulisan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam metode ini guru mengajak siswa untuk membuat sebuah brosur tempat yang mereka kunjungi seperti museum, kebun binatang, hotel, objek wisata, dll. Dalam metode ini siswa mengerjakan secara berpasangan, masing-masing pasangan saling memberikan masukan tentang topiknya, misalnya menulis brosur tentang daerah yang dikunjunginya. Setelah itu siswa bisa menghasilkan brosur pariwisata, produk, dll. Brosur pariwisata berisikan letak dari objek wisata, tempat penginapan, biaya transportasi dan foto-foto objek wisata tersebut, dan suatu produk berisikan tentang jenis-jenis produk dan bentuk-bentuk produk tersebut. Melalui metode ini diharapkan lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis brochure yang diajarkan di SMP. Siswa merancang ide-ide mereka dengan mudah, karena mereka langsung mendapakan ide dari apa yang telah mereka ketahui berdasarkan tempat yang telah kunjunginya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 19 May 2025 05:04 |
Last Modified: | 19 May 2025 05:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11349 |