Citra, Yulia (2012) Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SLB Negeri 2 Padang Sarai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_YULIA_CITRA_03943_4320_2012.pdf [thumbnail of B1_2_YULIA_CITRA_03943_4320_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_YULIA_CITRA_03943_4320_2012.pdf
Download (832kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di SLB Negeri 2 Padang Sarai. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pendidikan karakter di SLB Negeri 2 Padang Sarai yang berkaitan dengan proses, kebijakan dan administrasi sekolah dalam memberikan dukungan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar yang mengandung nilai-nilai karakter seperti, kondisi lingkungan sekolah, pengetahuan guru yang dapat menerapkan PBM yang memiliki nilai-nilai karakter yang sesuai dengan peraturan pemerintah No. 1 Tahun 2010, kompetensi guru dalam pendidikan karakter, kurikulum yang digunakan, penilaian dan dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pendidikan karakter. Metodologi dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 27 orang guru yang mengajar dan para personil sekolah lainnya. Teknik pengumpulan data disebarkan melalui angket yang menggunakan skala guttman dengan alternative jawaban ada, tidak ada, ya, tidak. Jumlah item keseluruhan sebanyak 50 buah item yang berkenaan dengan bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di SLB Negeri 2 Padang Sarai. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus statistik persentase. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa sebagian besar sekolah tidak memiliki kebijakan dan administrasi mengenai pendidikan karakter, sebagian besar sekolah yang memiliki lingkungan yang mendukung penyelenggaraan pendidikan karakter, sebagian besar guru tidak memiliki pengetahuan dan sikap yang baik dalam pendidikan karakter, sebagian besar guru tidak memiliki kompetensi yang baik, sebagian besar sekolah telah menggunakan kurikulum dan sebagian besar guru belum menggunakan penilaian yang cocok bagi pendidikan karakter dan sebagian besar masyarakat belum mendukung jalannya pendidikan karakter. Disarankan kepada guru, pihak sekolah dan masyarakat lebih memperhatikan jalannya pendidikan karakter agar pelaksanaannya pada tiap-tiap sekolah menjadi maksimal dan benar-benar bermanfaat bagi anak-anak generasi penerus bangsa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Pembelajaran, SLB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 19 May 2025 05:04 |
Last Modified: | 19 May 2025 05:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11346 |