Pengaruh Gambar Peringatan Merokok Pada Kemasan Rokok Terhadap Perilaku Perokok di Kalangan Mahasiswa Jurusan Sosiologi-Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Sari, Insan Kamala (2015) Pengaruh Gambar Peringatan Merokok Pada Kemasan Rokok Terhadap Perilaku Perokok di Kalangan Mahasiswa Jurusan Sosiologi-Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_INSAN_KAMALA_SARI_55336_4267_2015.pdf] Text
B1_4_INSAN_KAMALA_SARI_55336_4267_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat perilaku merokok di kalangan mahasiswa. Para perokok sebenarnya menyadari bahaya kesehatan akibat kebiasaan merokok. Namun, kesadaran bahaya merokok tersebut tidak membuat para perokok memutuskan untuk berhenti merokok. Faktor ketagihan nikotin pun turut memengaruhi terganggunya rasionalitas para perokok tersebut. Untuk itu pemerintah mengeluarkan peraturan dalam pencantuman gambar peringatan pada kemasan rokok. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh gambar peringatan pada kemasan rokok terhadap perilaku perokok dikalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi-Antropologi FIS UNP.
Dalam menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori perubahan sikap oleh Rosenberg, yang dikenal dengan teori affective-cognitive consistency. Teori ini menyatakan bahwa adanya hubungan komponen afektif dengan komponen kognitif konsisten, maka apabila komponen afektifnya berubah maka komponen kognitifnya juga berubah begitu sebaliknya. Selain itu peneliti juga menggunakan Teori Atribusi yang dikemukan oleh Frizt Heider, yang ingin menjelaskan tentang pembentukan perilaku seseorang yang dipengaruhi oleh atribusi internal seseorang dan atribusi eksternal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan yaitu dengan cara purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa gambar peringatan merokok pada kemasan rokok dapat mempengaruhi tiga ranah sikap dalam pembentukan perilaku mahasiswa perokok, yaitu: ranah Kognitif, ranah Afektif, dan ranah Konatif. Tidak terdapat pengaruh gambar peringatan pada kemasan rokok terhadap perilaku merokok, namun yang berubah adalah perilaku orang ketika akan merokok setelah dicantumkannya gambar peringatan merokok. Perilaku mahasiswa yang dapat terlihat karena adanya gambar peringatan merokok tersebut adalah : (a). memilih gambar peringatan merokok dengan resiko minimal, (b). mengganti kotak rokok dengan kaleng rokok, (c). merobek gambar peringatan merokok, (d). mengurangi mengkonsumsi rokok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 19 May 2025 05:17
Last Modified: 19 May 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item
View Item