Peningkatan Kemampuan Hijaiyah Anak Melalui Metode Kibar di Paud Sayang Bunda Koto Sani Kabupaten Solok

Murni, Indra (2016) Peningkatan Kemampuan Hijaiyah Anak Melalui Metode Kibar di Paud Sayang Bunda Koto Sani Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_INDRA_MURNI_58808_733_2016.pdf] Text
B1_4_INDRA_MURNI_58808_733_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang meningkatnya kemampuan membaca Al Qur’an anak. Kurangnya kegiatan atau metode yang kurang bervariasi, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an anak yaitu melalui metode kibar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an anak melalui metode .
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak PAUD Sayang Bunda Kabupaten Solok kelompok B1 yang dilakukan di semester satu, bulan Nopember dan Desember 2015, tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta tiga kali pertemuan. Instrumentasi penelitian ini adalah format observasi dan dokumentasi berupa dengan teknik pengumpulan data dan pemotretan. Format hasil penelitian anak selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian setiap siklus telah ditunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an anak dalam metode kibar yang terdiri dari kategori sangat baik, baik, cukup dan kurang yang terlihat dari siklus I yang pada umumnya rendah, terjadi peningkatan pada siklus II. Peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an anak terlihat dengan tercapainya persentase tingkat keberhasilan anak yang mana setiap aspek keberhasilan anak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan.
Dengan berhasilnya penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an anak dapat dilakukan melalui metode kibar. Disarankan agar pembelajaran lebih kondusif dan menarik minat anak, sebaiknya guru lebih kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 19 May 2025 05:00
Last Modified: 19 May 2025 05:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item
View Item