Model Pembelajaran Inovatif untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh

Idwar, Indra (2016) Model Pembelajaran Inovatif untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_INDRA_IDWAR_13392_6015_2016.pdf] Text
B1_4_INDRA_IDWAR_13392_6015_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk melihat pelaksanaan model pembelajaran inovatif yang diterapkan guru sosiologi SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses penerapan perencanaan model pembelajaran Inovatif untuk untuk menunjang pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran sosiologi serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru sosiologi dalam melaksanakan pembelajaran inovatif di SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat penelitian serta menganalisa kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Pembahasannya dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interprestasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Inovatif yang diterapkan guru sosiologi SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh adalah model pembelajaran Snowball Drilling dan model pembelajaran Group Investigation

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Snowball Drilling, pembelajaran Group Investigation, Kurikulum 2013, SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 19 May 2025 04:58
Last Modified: 19 May 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item
View Item