Lestari, Kasih Indah (2021) Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Tunanetra X Tingkat Dasar: Studi Kasus di SLB Negeri 1 Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_KASIH_INDAH_LESTARI_17003092_3702_2021.pdf [thumbnail of B1_2_KASIH_INDAH_LESTARI_17003092_3702_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_KASIH_INDAH_LESTARI_17003092_3702_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi terhadap salah satu orang tua tunanetra yang
selalu mendukung anak tunanetra dalam dunia pendidikan. Berbicara mengenai
peran orang tua dalam pendidikan anak tunanetra, peneliti menemukan seorang
anak tunanetra X yang menonjol di SLB Negeri 1 Ampek Angkek dan sering
mengikuti perlombaan untuk mewakili sekolah. Dari banyak kegiatan yang diikuti
X dari perlombaan sampai kegiatan yang hanya sebagai pengisi acara, ada peran
penting yang dilakukan oleh orang tua X seperti menfasilitasi minat dan bakat X
agar dapat maksimal, menemani X saat ikut latihan di sanggar maupun di sekolah,
menemani X saat melakukan lomba, memotivasi X dengan cara mengatakan
bahwa jika orang lan bisa kenapa X tidak bisa. Dukungan yang diberikan oleh
orang tua X tersebutlah yang membuat X tidak pernah minder dengan kekurangan
nya dan selalu semangat dengan apapun bentuk kegiatan yang dilakukannya, hal
ini tidak lain dan tidak bukan karena dukungan penuh dari orang tua X. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam
pendidikan tunanetra X tingkat dasar sehingga penelitian ini dapat dijadikan
pedoman bagi orang tua yang memilki anak tunanetra dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan subjek
penelitian yaitu orang tua tunanetra X, guru kelas dan kepala sekolah. Pada
penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi yang kemudian data-data tersebut di analisis, disajikan dan di
tarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran orang tua dalam
pendidikan anak tunanetra tingkat dasar yaitu peran orang tua sebagai pendidik
utama, advokat, sumber, pendidik utama, dan diagnotism. Peran orang tua dalam
pendidikan anak tunanetra X ini sudah dimulai orang tua X sejak X berusia
balita. Orang tua X juga peran dalam memilih pendidikan dan layanan untuk X.
Orang tua X juga memiliki peran yang penting dalam perkembangan minat dan
bakat X seperti memberikan motivasi dan menfasilitasi apapun bentuk kegiatan
yang diminati X.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:54 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11284 |