Handrianto, Ciptro (2013) Penerapan Pendekatan Interaktif oleh Tutor dalam Pembelajaran Paket C pada Kelompok Binuang Sakti Binaan SKB Wilayah I Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_CIPTRO_HENDRIANTO_11763_3669_2013.pdf [thumbnail of B1_04_CIPTRO_HENDRIANTO_11763_3669_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_CIPTRO_HENDRIANTO_11763_3669_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis terhadap pelak-sanaan pembelajaran paket C di Kelompok Binuang Sakti binaan SKB Wilayah I Kota Padang. Tutor sebagai sumber belajar pada program paket C telah melak-sanakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan interaktif. Inti dari pen-dekatan interaktif adalah terbentuknya pola interaksi multi arah antara tutor de-ngan warga belajar, maupun antar sesama warga belajar. Warga belajar diajak untuk berdiskusi, memecahkan permasalahan yang dihadapi, menstimulasi kebe-basan berpikir, memberikan kepercayaan pada warga belajar, dan menjalin kerja sama. Sehingga pada akhirnya menghasilkan peningkatan pada hasil belajar me-reka. Adapun tujuan penelitian untuk melihat gambaran penerapan pendekatan in-teraktif oleh tutor pada aspek: (1) Perumusan tujuan; (2) Penyampaian materi; (3) Penggunaan metode; dan (4) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan 30 orang responden, yang terdiri dari warga belajar paket C Kelompok Binaung Sakti bina-an SKB Wilayah I Kota Padang. Teknik pengumpulan data dengan cara mem-bagikan angket kepada masing-masing responden untuk mereka isi menurut pen-dapat masing-masing. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan rumus per-sentase. Temuan penelitian menunjukkan hampir seluruhnya warga belajar menya-takan bahwa penerapan pendekatan interaktif yang dilakukan tutor paket C di Ke-lompok Binuang Sakti binaan SKB Wilayah I Kota Padang sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase jawaban responden dari aspek yang diteliti: peru-musan tujuan, penyampaian materi, penggunaan metode, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan interaktif sangat tepat dilaksanakan pada pembelajaran pa-ket C. Adapun peneliti menyarankankan kepada praktisi PLS terutama tutor paket C lainnya untuk dapat meningkatkan penerapan pendekatan interaktif dalam pe-laksanaan pembelajaran paket C.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Interaktif, Pembelajaran Paket C |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:38 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11261 |