Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Kelas VIII B SMP Negeri 6 Gunung Talang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Soeib, Sakar (2005) Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Kelas VIII B SMP Negeri 6 Gunung Talang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_SAKAR SOEIB-71813-2011.pdf] Text
B1_SAKAR SOEIB-71813-2011.pdf

Download (291kB)

Abstract

Pada pembelajaran matematika di kelas masih terlihat rendahnya aktivitas belajar siswa. Ini terbukti sebahagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan latihan atau tugas yang diberikan. Secara konsekwensi logisnya, siswa belum dapat menunjukkan prestasi belajar yang optimal. Maka salah satu upaya yang peneliti lakukan selaku guru matematika yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini siswa bekerjasama dengan temannya untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi serta meningkatkan rasa tanggung jawab masing – masing individu pada kelompoknya. Pada penelitian ini penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Gunung Talang. Dan dilaksanakan nya penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Gunung Talang. Hipotesis penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Gunung Talang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Gunung Talang dengan materi pelajaran Lingkaran. Penelitian ini terdiri dua siklus. Instrumen pengumpulan data berupa angket, lembaran observasi dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah persentase dan rata – rata hitung untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dalam proses pembelajaran matematika pada materi lingkaran. Karena hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dari setiap siklus baik secara klasikal maupun individual. Rata – rata hasil belajar pada Siklus I adalah 66,17 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 22 orang (73,4 %) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 orang (26,6 %), sedangkan pada Siklus II rata – rata hasil belajar siswa 72,5 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan 26 orang (87%) sedangkan siswa yang belum tuntas hanya 4 orang (13%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Gunung Talang

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 19 May 2025 04:37
Last Modified: 19 May 2025 04:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item
View Item