Pengembangan Modul IPA Bermuatan ProblemSolving pada Materi Zat Aditif dan ZatAdiktif untuk Siswa Kelas VIII SMP

Mardona, Mardona (2016) Pengembangan Modul IPA Bermuatan ProblemSolving pada Materi Zat Aditif dan ZatAdiktif untuk Siswa Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_MARDONA_1205592_5631_2016.pdf] Text
B1_04_MARDONA_1205592_5631_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Modul merupakan unit bahan ajar yang terdiri dari rangkaian kegiatan belajar. Modul memiliki keunggulan karena memberikan respon balik yang segera dan mampu mengakomodasi perbedaan kecepatan belajar siswa. Kenyataannya, penyajian materi dalam modul masih banyak menekankan pada misi penyampaian pengetahuan semata, sehingga siswa terdorong untuk sekedar menghafal daripada memahami materi pembelajaran. Modul hendaknya dikembangkan melalui beragam pendekatan, diantaranya pendekatan problem solving. Pendekatan ini diharapkan siswa mampu mengembangkan pemahaman konsep melalui pemecahan masalah yang mengasah pola pikir siswa lebih aktif dan bisa bertanggung jawab terhadap jawaban yang dikemukakannnya, sehingga siswa tidak lagi sekedar menghafal materi tetapi benar-benar memahaminya. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul IPA bermuatan problem solving pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4-D (define, design, development). Subjek penelitian ini 5 orang validator,uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 23 orang siswa SMP YAPIAK Kinali Pasaman Barat. Objek penelitian ini adalah modul IPA bermuatan problem solving pada materi zat aditif dan zat adiktif. Data penelitian merupakan data primer diperoleh dari data hasil uji angket validitas dan angket praktikalitas, kemudian dilakukan analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil uji validitas modul bermuatan problem solvingmenunjukkan nilai rata-rata 89,32% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan nilai rata-rata 94,94% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan nilai rata-rata 93,74% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan telah dihasilkannya modul IPA bermuatan problem solving pada materi zat aditif dan zat adiktif yang valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: VANYA VANYA
Date Deposited: 19 May 2025 04:35
Last Modified: 19 May 2025 04:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11239

Actions (login required)

View Item
View Item