Dianaweli, Atikah (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_MARDIAH_16031100_2998_2020.pdf [thumbnail of B1_04_MARDIAH_16031100_2998_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_MARDIAH_16031100_2998_2020.pdf
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kemampuan berpikir yang meliputi kemampuan menganalisis (C 4 i ), mengevaluasi (C 5 ), dan mencipta (C 6 ). Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di Indonesia tergolong kurang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yaitu dengan mengembangkan instrumen soal dengan tingkatan kognitif C 4 , C 5 , C 6 . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi narkotika, psikotropika dan zat adiktif untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan kualitas option baik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, akan tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP, dua orang guru biologi dan 30 orang peserta didik kelas XI SMAN 1 Lembah Gumanti. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket uji praktikalitas. Data validitas logis dan empiris, praktikalitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas option dianalisis dengan menggunakan ANATES versi 4.0.9. Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi narkotika, psikotropika dan zat adiktif yang telah dilakukan mendapatkan nilai rata-rata validitas logis 81,80% dengan kriteria valid, validitas empiris nilai rata-rata 70% yang valid 35 soal, memiliki tingkat kesukaran sedang dengan presentase 36,67-63,33, daya pembeda baik dengan presentase 0,2920,649, kualitas option 90,5% dengan kriteria sangat baik, memiliki nilai rata-rata praktikalitas 86,78% dengan kriteria praktis, serta reliabilitas 0,84% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi narkotika, psikotropika dan zat adiktif yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan kualitas option baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:33 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11220 |