Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Geografi Di Sekolah Menengah Kebangsaan Proton City Malaysia Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi. Departemen Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Akram, Sayyidin (2023) Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Geografi Di Sekolah Menengah Kebangsaan Proton City Malaysia Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi. Departemen Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Sayyidin_Akram_19045100_4397_2023.pdf] Text
B1_01_Sayyidin_Akram_19045100_4397_2023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan delapan keterampilan dasar mengajar guru
geografi di Sekolah Menengah Kebangsaan Proton City Malaysia. Penelitian ini
dilatarbelakangi karena ingin mengetahui apakah keterampilan dasar mengajar
diterapkan oleh guru pada sekolah di Malaysia. Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan dasar mengajar guru
Geografi di Sekolah Menengah Kebangsaan Proton City Malaysia.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan berlokasi di
Sekolah Menengah Kebangsaan Proton City Malaysia. Informan penelitian
berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian
di cek keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Selanjutnya, dilakukan analisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru geografi sekolah menengah
kebangsaan Proton City telah menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar. Hal
tersebut terlihat pada: 1) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran
dimana guru menarik perhatian siswa dengan memberikan contoh, pertanyaan, dan
motivasi. 2) Keterampilan menjelaskan yaitu dengan memberikan penjelasan yang
mudah dipahami. 3) Keterampilan mengadakan variasi yaitu memberikan variasi
model pembelajaran. 4) Keterampilan memberikan penguatan dengan memberikan
pujian dan hadiah. 5) Keterampilan bertanya yaitu memberikan pertanyaan yang
mendorong pemikiran kritis siswa. 6) Keterampilan mengelola kelas yaitu
memberikan aturan yang jelas. 7) Keterampilan mengajar dalam kelompok kecil
yaitu dengan memberikan bimbingan individu atau kelompok. 8) Keterampilan
membimbing diskusi kelompok kecil dengan menerima semua pendapat,
bimbingan, dan hadiah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar mengajar, guru geografi, mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:43
Last Modified: 07 Feb 2025 08:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item
View Item