Hubungan antara Kesiapan Belajar Peserta Didik Melalui Daring dengan Hasil Belajarnya Pada Kursus Bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang

Safitri, Mahda (2021) Hubungan antara Kesiapan Belajar Peserta Didik Melalui Daring dengan Hasil Belajarnya Pada Kursus Bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_MAHDA_SAFITRI_3240_16005128_2021.pdf] Text
B1_04_MAHDA_SAFITRI_3240_16005128_2021.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik melalui daring pada kursus bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang diduga, ada hubungannya dengan kesiapan belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) gambaran kesiapan belajar peserta didk melalui daring, (2) hasil belajar peserta didik pada kursus bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang, dan (3) mengungkapkan hubungan antara kesiapan belajar peserta didik melalui daring dengan hasil belajarnya pada kursus bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kursus bahasa inggris periode Juli - Agustus tahun 2020 yang berjumlah 35 orang dan sampel sebanyak 70% yaitu 24 orang dengan teknik penarikan sampelcluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan alat yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus Spearman Rho. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesiapan belajar peserta didik melalui daring pada kursus bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang rendah; 2) hasil belajar peserta didik pada kursus bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang tergolong rendah; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara antara kesiapan belajar peserta didik melalui daring dengan hasil belajarnya pada kursus bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang. Saran penelitian ini adalah kepada pengelolakursus bahasa Inggris di English Tutorial Centre Padang hendaknya menyediakan fasilitas yang akan dipakai saat pembelajaran sehingga dapat meningkatkan semangat dan kesiapan belajar peserta didik.Instruktur hendaknya kreatif dalam menggunakan media pembelajaran sehingga bisa memunculkan semangat dan kesiapan belajar peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: VANYA VANYA
Date Deposited: 19 May 2025 02:39
Last Modified: 19 May 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11182

Actions (login required)

View Item
View Item