Saputra, Ilham (2015) Pengembangan Modul Berorientasi Tematik Terpad pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ILHAM_SAPUTRA_54898_1378_2015.pdf [thumbnail of B1_4_ILHAM_SAPUTRA_54898_1378_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ILHAM_SAPUTRA_54898_1378_2015.pdf
Download (386kB)
Abstract
Banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi siswa
dalam belajar, salah satunya mengembangkan modul berorientasi tematik terpadu
sesuai dengan Permendikud no.68 tahun 2013. Berdasarkan wawancara penulis
dengan guru biologi SMPN 8 Padang diketahui belum ada modul berorientasi
tematik terpadu pada materi sistem ekskresi dalam pembelajaran di kelas. Bahan
ajar yang digunakan belum bervariasi, hanya terdapat buku paket. Buku paket
yang digunakan kurang membantu siswa dalam memahami materi
pembelajaran.siswa kurang memahami materi sistem ekskresi. Peneliti berinisiatif
mengembangkan modul berorientasi tematik terpadu pada materi sistem ekskresi.
Modul berorientasi tematik terpadu pada materi sistem ekskresi,diharapkan
mampu berguna dalam pembelajaran.Sebagai subjek belajar, siswa dituntut
terampil dalam memperoleh dan mengolah informasi melalui proses sains
sehingga siswa dengan tepat dapat memperoleh produk sains yang merupakan
materi biologi.Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan
menghasilkanmodul berorientasi tematik terpadu pada materi sistem ekskresi.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari
tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Subjek
penelitian ini terdiri dari 4 orang validator untuk uji validitas, 1 orang guru serta
20 orang siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang untuk uji praktikalitas. Data penelitian
adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas yang
dianalisis secara deskriptif.
Dari pengembangan ini dihasilkan produk berupa modul berorientasi
tematik terpadu pada materi sistem ekskresidengan nilai validitas 74,58%dengan
kriteria cukup valid, nilai praktikalitas oleh guru 80,83% dengan kriteria praktis
dan praktikalitas oleh siswa 87,65% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berorientasi tematik terpadu pada
materi sistem ekskresi untuk SMP cukup valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 19 May 2025 02:37 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11179 |