Aprilia, Shelvi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SHELVI_APRILIA_17045166_345_2023.pdf [thumbnail of B1_01_SHELVI_APRILIA_17045166_345_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SHELVI_APRILIA_17045166_345_2023.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa
terhadap pembelajaran Geografi dengan materi mitigasi bencana alam
menggunakan model pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting
Answer (GQGA) pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-eksperimen dengan
rancangan penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang Tahun Ajaran
2020/2021 dengan jumlah 318 siswa. Pengambilan kelas sampel dilakukan
dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel yaitu terambil kelas XI
IIS 1. Pengumpulan data dilakukan menggunakan nilai tes berupa lembaran-
lembaran soal dengan teknik analisis inferensial non parametrik berupa Uji
Normalitas dan Uji Mann Whitney.
Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan
melakukan uji-Mann Whitney diperoleh P-����� = 0,039, karena P-����� <
�
� = 0,05 maka H0 tolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Aktif
Tipe Giving Question and Getting Answer berpengaruh sebanyak 17,65%
terhadap hasil belajar siswa pada materi Mitigasi Bencana Alam siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 4 Padang Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer, hasil belajar, mitigasi bencana alam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:29 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1113 |