Gambaran Motivasi Warga Belajar Mengikuti Program Pelatihan Listrik 6G di UPTD Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan Padang

Frediko T, Coky (2012) Gambaran Motivasi Warga Belajar Mengikuti Program Pelatihan Listrik 6G di UPTD Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_COKY FREDIKO T_63760_3702_2012.pdf] Text
B1_4_COKY FREDIKO T_63760_3702_2012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat dari masyarakat yang begitu
antusias untuk mengikuti program pelatihan las 6G yang mana satu-satunya di
Sumatra, yang berupaya membantu para pencari kerja yang umumnya berasal dari
SMK . Tujuan penelitian ini adalah: 1) melihat gambaran motivasi warga belajar
dalam mengikuti pelatihan las 6G, 2) melihat gambaran program pembelajaran
pelatihan yang dilaksanakan oleh pengelola.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan Padang, jalan Sungai
Balang Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Fokus Penelitian
ini adalah bagaimana gambaran motivasi warga belajar mengikuti program
pelatihan las listrik 6G di UPTD Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan
Padang. Jenis data dari penelitian ini adalah kata-kata dan tingkah laku warga
belajar (16 orang), instruktur (3 tiga orang), humas Balai Latihan Kerja Khusus
Perdagangan Padang (3 orang), ketua jurusan las serta komponen lain yang
berkecimpung dan berkaitan dengan proses pelatihan listrik 6G. Dalam penelitian
ini teknik pengambilan data dilakukan dengan cara purpovie sampling. Metode
pengambilan data berupa observasi, metode wawancara dan juga dokumentasi.
Berdasarakan temuan dan pembahsan hasil penelitian dapat diambil
kesimpulan, pada umumnya warga belajar memiliki motivasi tinggi terhadap
pelatihan ini. Alasan yang banyak dikemukakan karena cukup terjangkau dari segi
pendanaan dan memiliki prospek kerja bagi warga belajar. Disiplin warga belajar
juga tinggi dikarenakan pengelola menerapkan aturan yang dapat membuat warga
belajar merasa terikat. Didalam pelatihan, warga belajar menyukai pola
komunikasi dari instruktur yang bersahabat namun disisi lain warga belajar
kurang menyukai pola metode belajar didalam kelas yang cenderung membuat
warga belajar merasa bosan. Dimasa yang akan datang hendaknya pengelola
membuat dua kelas agar dapat menampung warga yang banyak meminati program
ini, disamping itu juga perlu adanya perbaikan sarana dan pola
pembelajaran.Disisi lain instruktur juga diharapkan dapat meningkatkan
pelayanannya agar dapat membakar motivasi warga belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 16 May 2025 09:55
Last Modified: 16 May 2025 09:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item
View Item