Kardeana, Clara (2022) Tinjauan Kualitas Pelayanan Roomboy di UNP Hotel Convention Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_CLARA_KARDEANA_16135007_5075_2022 .pdf [thumbnail of B1_4_CLARA_KARDEANA_16135007_5075_2022 .pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_CLARA_KARDEANA_16135007_5075_2022 .pdf
Download (2MB)
Abstract
Perhotelan, Jurusan Pariwisata. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas
Negeri Padang.Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya keluhan tamu tentang
kualitas pelayanan di UNP Hotel Convention Padang. Penelitian ini bertujuan
untuk meninjau kualitaspelayanan roomboy di UNP Hotel Convention, yang
dilatarbelakangi oleh Adanya keluhan tamu mengenai pembersihan kamar yang
terlalu lama, Kurang tanggapnya karyawan untuk memenuhi permintaan tamu
seperti refill bath soap, Adanya keluhan tamu mengenai kebersihan kamar yang
kurang bersih, seprei yag kelihatan seperti tidak diganti dan kamar mandi yang
berbau pesing, dan tidak tercapainya keinginan tamu untuk memperoleh fasilitas
kamar yang seharusnya dilengkapi roomboy pada saat check in seperti tissue, bath
foam, tea spoon dan bath towel, tamu merasa kurang puas dengan pelayanan dan
keramahan staff housekeeping.
Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk hubungan
kausal. Penelitian ini dilaksanakan di UNP Hotel Convention Padang. Variabel
penelitian ini terdiri darisatu variabel (kualitas pelayanan). Populasi dalam
penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di UNP Hotel Convention
Padang.Responden penlitian ini berjumlah 89 orang yang di peroleh dengan
teknik sampel non probability sampling. Jenis data menggunakan data primer dan
data sekunder. Pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung atau
menyebarkan angket. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner (angket) yang
disusun menurut skala likert. Uji coba instrumen dilakukan dengan cara uji
validitas dan uji reabilitas. Langkah-langkah menganalisis data statistik dasar hasil
penelitian dan deskripsi data. Hasil penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan di
UNP Hotel Convention menunjukan secara keseluruhan termasuk dalam kategori
baik dengan persentase 59,55%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan,Roomboy |
Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 16 May 2025 09:54 |
Last Modified: | 16 May 2025 09:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11122 |