Strategi Mahasiswa Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi. Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNP

Melin, Cintia (2012) Strategi Mahasiswa Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi. Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Sosiologi FIS UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_CINTIA_MELINI_89313_2814_2012.pdf] Text
B1_4_CINTIA_MELINI_89313_2814_2012.pdf

Download (974kB)

Abstract

Dosen Pembimbing Merupakan dosen yang ditunjuk oleh pimpinan jurusan
untuk membimbing, mengarahkan, dan menuntun mahasiswa dalam proses
penyusunan skripsi sehingga dapat mengatasi kesulitan yang dialami. Dosen
pembimbing ditunjuk jurusan sesuai dengan keahlian atau tema skripsi mahasiswa
yang bersangkutan. Masalah yang terjadi adalah bahwa banyak mahasiswa sosiologi
yang kesulitan dalam menghadapi dosen pembimbing skripsi. Akibatnya mahasiwa
menjadi lama menyelesaikan skripsinya. Masalah tersebut antara lain bermula dari
mahasiswa itu sendiri, dari dosen pembimbing, dan aturan-aturan dari jurusan
mengenai mekanisme penyusunan skripsi, dan pembatasan jenis Penelitian. Salah
satu penyebab keterlambatan tersebut adalah dari faktor sulitnya mahasiswa
menghadapi dosen pembimbing, penelitian yang penulis lakukan dikhususkan pada
strategi yang dilakukan mahasiswa untuk menghadapi dosen pembimbing skripsi di
Jurusan Sosiologi FIS UNP.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional oleh
James S. Coleman. Coleman menitikberatkan pada tindakan seseorang selalu
mengarah pada tujuan dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi
kasus. Informan penelitian adalah mahasiswa di Jurusan Sosiologi FIS UNP yang
sedang menyusun skripsi dalam rangka memperoleh gelar sarjana dan Dosen
Pembimbing dan Pembantu Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial. Teknik pemilihan
informan dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu diambil secara sengaja
dengan mengambil informan yaitu 21 orang. Data dikumpulkan dengan melakukan
observasi non partisipasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan studi
dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang kredibilitas tinggi, maka dalam
penelitian ini peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan Model Analisis Interaktif Miles dan Huberman
dengan langkah-langkah yaitu mereduksi data, mendisplay data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: dalam
menghadapi dosen pembimbing mahasiswa mempunyai berbagai strategi untuk
memudahkan proses bimbingan. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan
Sosiologi, strategi itu diantaranya adalah: (a). Strategi Membuat Janji, (b). Strategi
Banyinyia, (c). Strategi Manyasak-an, (d). Strategi Manyogok, (f). Strategi Magic, (f).
Strategi Maibo.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 16 May 2025 09:53
Last Modified: 16 May 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item
View Item