Putri, Yossi Prima (2016) Efektivitas Permainan Ulat Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 10 bagi Anak Tunagrahita Ringan di Kelas D1/C di SLB Sabiluna Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_YOSSI_PRIMA_PUTRI_1105325_2987_2016.pdf [thumbnail of B1_2_YOSSI_PRIMA_PUTRI_1105325_2987_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_YOSSI_PRIMA_PUTRI_1105325_2987_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak tunagrahita ringan X yang duduk di kelas D.C1 di SLB Sabiluna Pariaman yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 melalui permainan ulat angka. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah Eksperimen dalam bentuk Single Subject Research dengan desain A-B-A. Penilaian penelitian ini peneliti menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 meningkat setelah diberikan permainan ulat angka. Hal ini terbukti ketika pengamatan sebanyak tujuh kali dengan data 29,54% pada kondisi awal (A1), kondisi intervensi (B) dilakukan sebanyak sepuluh kali dengan data 90,90%, kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak enam dengan data 90,90%, dalam kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1 sampai 10. Hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat positif. Sehingga dapat disimpulkan permainan ulat angka efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan. Disarankan guru dapat menggunakan permainan ulat angka dalam kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1 sampai 10.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan ulat angka, Kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10, Anak tunagrahita ringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 16 May 2025 09:17 |
Last Modified: | 16 May 2025 09:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11091 |