Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 10 Lubuk Buaya

Zikra, Defri Husnul (2018) Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 10 Lubuk Buaya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_DEFRI_HUSNUL_ZIKRA_1300237_1401_2018.pdf] Text
B1_03_DEFRI_HUSNUL_ZIKRA_1300237_1401_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 10 Lubuk Buaya, terlihat bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Guru mendominasi kegiatan pembelajaran, sedangkan peserta didik cenderung hanya mencatat apa yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran berdampak terhadap pemahaman siswa sehingga berakibat rendahnya hasil belajar. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu model Learning Cycle berbantuan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model Learning Cycle berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 10 Lubuk Buaya tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Lubuk Buaya yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari 2 kelas dan sampel diambil dengan teknik total sampling, kelas Vb sebagai eksperimen yang menggunakan Learning Cycle berbantuan media video dan siswa kelas Va sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional, masing masingnya berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data lembaran tes dan dokumen nilai. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t- tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model Learning Cycle berbantuan media video 82,16 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 72,58. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung 6,386 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,386 > 2,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menerapkan model Learning Cycle berbantuan media video dibandingkan siswa yang menerapkan metode konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 10 Lubuk Buaya. Dengan kata lain penggunaan model Learning Cycle berbantuan media video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 10 Lubuk Buaya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model learning cycle, Media video, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 16 May 2025 09:17
Last Modified: 16 May 2025 09:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11085

Actions (login required)

View Item
View Item