Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Artikel pada Mata Pelajaran IPA Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP N 19 Kerinci

Safutra, Dedek (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Artikel pada Mata Pelajaran IPA Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP N 19 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_DEDEK_SAFUTRA_1304782_3832_2019.pdf] Text
B1_03_DEDEK_SAFUTRA_1304782_3832_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 19 Kerinci, pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru (teacher center) sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Masih ada hasil belajar siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Selainitu, penggunaan model pembelajaran juga kurang bervariasi. Diperlukan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan Media Artikel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasyexperiment. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery learning berbantuan media artikel lebih tinggi dari pada kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata nilai 78,96 pada kelas eksperimen dan 61,68 pada kelas kontrol. Hasil analisis dengan menggunakan t test menunjukkan hasil thitung 6,69 sedangkan ttabel 2,000 pada taraf kepercayaan 95% ( 0,05), sehingga thitung> ttabel. Ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswayang menggunakan model pembelajaran Discovery learningg berbantuan media artikel dengan menggunakan model pembelajaran konvensional hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Discovery learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 16 May 2025 09:10
Last Modified: 16 May 2025 09:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11062

Actions (login required)

View Item
View Item