Meningkatkan Motivasi Belajar Mengenal Konsep Angka 1-5 Melalui Permainan Stiker Angka Bagi Anak Down Syndrome (Single Subject Research) di Kelas Dasar 1 SLB Mutiara Budi Lubuk Alung

Fitri, Rahmadani (2012) Meningkatkan Motivasi Belajar Mengenal Konsep Angka 1-5 Melalui Permainan Stiker Angka Bagi Anak Down Syndrome (Single Subject Research) di Kelas Dasar 1 SLB Mutiara Budi Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RAHMADANI_FITRI_01165_955_2013.pdf] Text
B1_2_RAHMADANI_FITRI_01165_955_2013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil assesmen yang peneliti laksanakan di SLB Mutiara Budi Lubuk Alung, terhadap seorang anak Down Syndrome berinisial AB berumur 12 tahun yang kurang tertarik atau kurang termotivasi dalam belajar
mengenal konsep angka 1-5. Peneliti ingin meningkatkan motivasi belajar mengenal konsep angka 1-5 anak tersebut, penelitian ini bertujuan agar anak Down Syndrome
tersebut memiliki motivasi yang tinggi belajar mengenal konsep angka 1-5. Dalam Hopitesis penelitian dinyatakan bahwa: permainan sticker angka dapat meningkatkan
motivasi belajar mengenal konsep angka 1-5 bagi anak Down Syndrome AB. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B, yaitu membandingkan motivasi belajar anak Down Syndrome pada kondisi baselin dan kondisi treatment. Teknik analisis data yang digunakan
berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis Of Grafik.Setelah data analisis, maka diperoleh hasil: panjangnya kondisi baseline pada enam kali pengamatan selama enam hari. Sedangkan pada kondisi intervensi pada sepuluh kali pengamatan selama sepuluh hari. Arah kecenderungan data baseline yang menunjukan motivasi belajar anak dalam mengenal konsep angka 1-5 AB yang ditentukan sedikit naik (+), sedangkan arah kecenderungan data intervensi adalah
meningkat (+) sesuai dengan yang diharapkan.Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi
baseline sebanyak enam kali dan kondisi treatment sebanyak sepuluh kali. Hasil penelitian ini ditunjukan pada analisis data dalam kondisi dan analisis dala antar kondisi yang menunjukan adanya perubahan motivasi belajar mengenal konsep angka 1-5 pada ankan X kea rah yang lebih baik. Dari hasil perolehan dat ini dapat disimpulkan bahwa permainan sticker angka dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar mengenal kondep angka bagi anank down syndrome kelas 1
disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran Matematika agar dapat menggunakan permainan sticker angka dalam pembelajaran mengenal konsep angka 1-5 bagi anak down syndrome.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 May 2025 07:56
Last Modified: 16 May 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11049

Actions (login required)

View Item
View Item