Mulyani, Rahma (2015) Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Di SD N 15 Ulu Gadut Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RAHMA_MULYANI_1100329_3725_2015.pdf [thumbnail of B1_2_RAHMA_MULYANI_1100329_3725_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RAHMA_MULYANI_1100329_3725_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi dari hasil temuan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pramuka di SD N 15 Inklusif Ulu Gadut Padang. Kegiatan pramuka diikuti seluruh peserta didik yang ada di sekolah baik siswa regular
maupun anak berkebutuhan khusus bertujuan mengembangkan dan menyalurkan potensi yang dimilikinya. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Bagi Anak Berkebutuhan
Khusus Di SD N 15 Ulu Gadut Padang sebagai sekolah penyelenggara inklusif. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut sebelumnya telah di rencanakan program untuk dilaksanakan. Tetapi dalam pelaksanaannya anak berkebutuhan
khusus yang ada di sekolah ini tidak ada yang mengikuti kegitan tersebut dengan berbagai kendala yang di dihadapi oleh anak berkebutuhan khusus dalam mengikutinya, sedangkan kendala yang di hadapi oleh pembina pramuka dan guru
kelas yaitu anak berkebutuhan khusus yang tidak mau mengikuti kegiatan ini.Berdasarkan hasil temuan sebagai penyelenggara pendidikan inklusif dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi peserta didiknya agar menjalin
kerja sama antara peserta didik dengan peserta didik lainnya, peserta didik dengan pembina pramuka dan seluruh pihak sekolah dan tidak terjadi pemisah antara
guru pembina kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan guru pendamping khusus yang hanya mendampingi anak berkebtuhan khusus dalam pengetahuan akademiknya saja tetapi juga membimbing bakat dan minat peserta didiknya.
Penelitian ini menyarankan kepada pihak sekolah untuk mengikutkan guru pendamping khusus (GPK) yang telah mendapat pembekalan keterampilan mahir dasar (KMD).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:56 |
Last Modified: | 16 May 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11048 |