Hendra, Rivvo Mardi (2010) Writing Diary as an Alternative Activity in Improving Students’ Writing Recount Text. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_RIVVO_MARDI_HENDRA_60236_1110_2011.pdf [thumbnail of B1_RIVVO_MARDI_HENDRA_60236_1110_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_RIVVO_MARDI_HENDRA_60236_1110_2011.pdf
Download (107kB)
Abstract
Salah satu bahasa asing yang dipelajari di Sekolah Menengah Atas di Indonesia adalah Bahasa Inggris. Para siswa di ajarkan empat macam kemampuan dalam Bahasa Inggris, salah satu diantaranya yaitu kemampuan menulis. Tujuan pembelajaran menulis adalah untuk membuat siswa mampu menulis dengan baik dan benar dalam bentuk paragraph ataupun dalam bentuk esai. Salah satu cara alternatif agar siswa mampu menulis dengan baik dan benar adalah dengan teknik menulis diari. Oleh karena itu makalah ini ditujukan untuk pembahasan teknik menulis diari dalam proses belajar mengajar menulis di sekolah. Dalam menulis diari, siswa dapat meningkatkan tata bahasa baik dan benar dan juga dapat menambah pembendaharaan kosa kata nya. Siswa dapat menulis diari berdasarkan rentetan kegiatan yang mereka lakukan mulai dari pagi hari sampai malam hari. Hal pertama yang di lakukan siswa dalam menulis diari yaitu, membuat urutan kegiatan mereka dari pagi sampai malam hari lalu menggabungkannya dengan menggunakan kalimat dan tata bahasa yang benar. Penggunaan tata bahasa tergantung pada saat mereka melakukan kegiatan tersebut. Menulis diari adalah salah satu alternatif kegiatan menulis yang dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis para siswa. Dengan menulis diari, siswa dapat mengembangkan ide mereka dengan mudah, dan pemahaman mereka terhadap salah satu jenis teks yaitu Recount teks dapat dipahami dengan mudah. Menulis diari juga dapat mempermudah para siswa dalam mengembangkan tulisan mereka. Hal ini karena, topik yang digunakan dekat dengan kehidupan sehari-hari para siswa. Siswa pun dapat menuangkan perasaan dan pengalaman pribadi mereka ke dalam diari. Oleh karena itu, menulis diari dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan dalam meningkatkan kemampuan menulis para siswa. Dengan adanya kegiatan menulis diari, kegiatan menulis akan menjadi menyenangkan. Selanjutnya, kreatifitas para siswa dalam menulis akan meningkat karena apa yang mereka tulis dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan Alternatif, Kemampuan Menulis, Teks Retrospektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:56 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11043 |