Studi Komparatif Antara Metode Iqra’ dan Metode Tartil Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas I SD Plus Marhamah Padang.

Maria, Beta (2014) Studi Komparatif Antara Metode Iqra’ dan Metode Tartil Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca Kelas I SD Plus Marhamah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_BETA_MARIA_11630_1556_2014.pdf] Text
B1_2_BETA_MARIA_11630_1556_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan
di SD Plus Marhamah Padang, beberapa anak berkesulitan belajar di kelas I
mengalami masalah dalam belajar membaca Al-Quran. Metode yang digunakan
guru dalam pembelajaran adalah metode tartil. Namun kemampuan anak dalam
mengenal huruf hijaiyah masih rendah. Maka digunakanlah metode iqra’ untuk
meningkatkan kemampuan anak. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk membandingkan metode iqra’ dengan metode tartil terhadap
kemampuan mengenal huruf hijaiyah bagi anak berkesulitan belajar membaca.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain
pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah anak
berkesulitan belajar membaca kelas I berjumlah delapan orang. Dalam penelitian
ini terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Pada kelompok eksperimen (kelas IB) dilakukan Pretest sebelum
intervensi (metode iqra’) dan setelah intervensi dilakukan posttest. Pada kelompok
kontrol (kelas IA) juga dilakukan pretest tetapi tidak dilakukan intervensi (metode
iqra’), tetapi dengan metode tartil. Selanjutnya hasil pretest dan posttest dianalisis
dengan menggunakan Uji U Mann Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan anak berkesulitan belajar
membaca dalam mengenal huruf hijaiyah meningkat. Dilihat dari kemampuan
melafazkan huruf hijaiyah diperoleh Uhit = 14, dan Utab = 13. Dilihat dari
kemampuan menunjukkan huruf hijaiyah diperoleh Uhit = 13,5, dan Utab = 13. Dari
kedua hasil pengujian maka Uhit � Utab. Dengan demikian hipotesis diterima,.
Berarti dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode iqra’ lebih efektif dalam
mengenal huruf hijaiyah bagi anak berkesulitan belajar membaca kelas I SD. Oleh
sebab itu, disarankan pada pihak sekolah untuk menggunakan metode iqra’ dalam
pembelajaran belajar membaca Al-Quran bagi anak berkesulitan belajar membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengenal Huruf Hijaiyah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 16 May 2025 07:54
Last Modified: 16 May 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11030

Actions (login required)

View Item
View Item