Pengembangan Bahan Ajar E-Book Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Perspektif Sejarah Lokal Kota Padang untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kausalitas Jurusan Sejarah

Syahputra, Rahfit (2021) Pengembangan Bahan Ajar E-Book Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Perspektif Sejarah Lokal Kota Padang untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kausalitas Jurusan Sejarah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RAHFIT_SYAHPUTRA_17046123_2811_2021.pdf] Text
B1_2_RAHFIT_SYAHPUTRA_17046123_2811_2021.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran sejarah sejatinya dapat membuat peserta didik berpikir kritis dan memiliki keterampilan berfikir sebab-akibat untuk memahami suatu peristiwa sejarah. Namun berdasarkan temuan di lapangan keterampilan tersebut masih
kurang dikusai oleh beberapa peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran sejarah lebih bermakna adalah dengan menginovasikan bahan ajar menjadi sebuah bahan ajar digital yang di dalamnya
terdapat materi yang kontekstual seperti sejarah lokal serta memuat media pendukung yang meliputi gambar dan video.
Penelitian ini bertujuan Untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana tahapan pengembangan bahan ajar e-book mata pelajaran sejarah Indonesia dalam perspektif sejarah lokal Kota Padang dalam rangka melatih kemampuan berfikir sebab-akibat. (2) Mendeskripsikan kelayakan dari bahan ajar e-book mata pelajaran sejarah Indonesia dalam perspektif sejarah lokal Kota Padang yang dikembangkan dalam rangka melatih kemampuan berfikir sebab-akibat. (3) Mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar e-book mata pelajaran sejarah Indonesia dalam perspektif sejarah lokal Kota Padang yang dikembangkan dalam rangka melatih kemampuan berfikir sebab-akibat. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D. Peneliti menggunakan model ADDIE dalam
mengembangkan bahan ajar e-book dalam perspektif sejarah lokal Kota Padang. Hasil penelitian ini yaitunya (1) Pembuatan produk diawali dengan analisis kebutuhan dari sisi peserta didik, buku teks, guru dan kurikulum, (2) Penyusunan
materi didahului dengan mengelaborasi berbagai sumber dengan memperhatikan fakta, konsep dan prinsip yang tepat untuk menyusun materi sejarah nasional dan sejarah lokal sebagai bahan ajar e-book dalam perspektif sejarah lokal Kota Padang,(3) Produk bahan ajar -book dalam pespektif sejarah lokal Kota Padang mendapat penilaian dari ahli materi dan bahan ajar dengan tingkat kelayakan yang sangat
layak, (4) Produk bahan ajar e-book dalam perspektif sejarah lokal Kota Padang memiliki tingkat kepraktisan yang sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar oleh guru dan bagi siswa sebagai sumber belajar dalam rangka melatih berfikir sebabakibat,

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 May 2025 06:44
Last Modified: 16 May 2025 06:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item
View Item