Marvira, Anggia (2015) Plagiat di Kalangan Mahasiswa FIS UNP (Studi Kasus: Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Penyelesaian Studi). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ANGGIA_MARVIRA_1106645_4481_2015.pdf [thumbnail of B1_4_ANGGIA_MARVIRA_1106645_4481_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ANGGIA_MARVIRA_1106645_4481_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang menggunakan internet sebagai sumber belajar. Fenomena saat ini mahasiswa mengambil materi perkuliahan atau bahan untuk membuat tugas dengan mengcopy paste tugas dari internet dan menyalin tugas teman atau senior. Tindakan tersebut mereka lakukan untuk menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor penyebab mahasiswa FIS UNP melakukan tindakan plagiat dalam memanfaatkan sumber belajar. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah teori pilihan rasional yang dikemukakan oleh James Coleman yang memusatkan perhatian pada aktor, dimana aktor dipandang sebagai manusia yang mempunyai tujuan dan maksud. Artinya aktor yang mempunyai tujuan, tindakannnya tertuju pada upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Teori pilihan rasional tidak menghiraukan apa yang menjadi pilihan atau apa yang menjadi sumber pilihan aktor, yang penting adalah kenyataan bahwa tindakan dilakukan untuk mencapai tujuan sesuai dengan tingkatan pilihan aktor Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan informan secara purposive sampling sebanyak 32 orang mahasiswa dan 9 orang dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data berupa metode, sumber dan waktu penelitian. data dianalisis memakai interactive model yang dipopulerkan oleh Miles dan Huberman (reduction, display dan conclusion/verification). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa plagiat sumber belajar terdiri dari faktor internal yaitu (1) Malas Membaca, (2) Motivasi Belajar Rendah dan, (3) Manajemen Waktu. Faktor eksternal terdiri dari (1) Penerapan Sanksi yang Tidak Tegas, (2) Penyalahgunaan Wi-fi Gratis, (3) Kesulitan Mencari Referensi, dan (4) Kontrol Dosen dan Jurusan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Plagiat, Sumber Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 16 May 2025 04:12 |
Last Modified: | 16 May 2025 04:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11012 |