Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang

Fitri, Rahayu (2018) Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RAHAYU_FITRI_14016115_4678_2018.pdf] Text
B1_2_RAHAYU_FITRI_14016115_4678_2018.pdf

Download (14MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sebelum menggunakan model discovery learning
berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh
model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one
group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 dengan juml ah 243 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.3 dengan jumlah 30 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes
menulis teks fabel. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 67,08. Kedua, keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sesudah menggunakan model
discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 76,53. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif diterima pada
taraf siginifikan 95% dan derajat kebebasan karena t
hitung>t (2,80> 1,70).Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis tabel
teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual.
Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan dengan nilai
rata-rata sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 May 2025 04:12
Last Modified: 16 May 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item
View Item