Peningkatan Kemampuan Pra Menulis Melalui Kegiatan Melukis Bagi Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik

Meiwina, Shinta (2015) Peningkatan Kemampuan Pra Menulis Melalui Kegiatan Melukis Bagi Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SHINTA_MEIWINA_17927_3069_2015.pdf] Text
B1_2_SHINTA_MEIWINA_17927_3069_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Taman kanak-kanak adalah tahap persiapan untuk memasuki jenjang pendidikan usia sekolah. Pengembangan segala aspek terutama aspek fisik motorik dalam menulis adalah langkah awal dalam mempersiapkan kemampuan menulis anak. Tahap awal sebelum menulis disebut pra menulis. Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan pra menulis melalui kegiatan melukis bagi anak cerebral palsy tipe spastik.
Berawal dari pengamatan yang peneliti temukan saat observasi anak cerebral palsy belum mampu melalui tahap pra menulis yaitu meniru garis tiruan, sampai pengamatan setelah diberikan perlakuan dengan target behaviour kemampuan pra menulis. Tujuan penelitian ini membuktikan kegiatan melukis dapat meningkatkan kemampuan pra menulis pada anak cerebral palsy tipe spastik. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperiment dalam bentuk single subject research (SSR) dengan disain multiple baseline cross variables dan analisis data penelitian menggunakan teknik analisis visual grafik.
Analisis data menunjukkan bahwa baseline pertama sebelum diberikan intervensi dilakukan selama 7 hari dengan mean level 0,57 dan kecenderungan arah sedikit meningkat dilanjutkan intervensi selama 11 hari dengan mean level 4,18, kecenderungan arah meningkat dan perubahan data membaik (+). Selanjutnya kondisi baseline kedua setelah intervensi dilakukan selama 9 hari dengan kecenderungan arah meningkat (+). Target behaviour memiliki overlape data 0%. Disimpulkan bahwa kegiatan melukis dapat meningkatkan kemampuan pra menulis bagi anak cerebral palsy tipe spastik. Berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya guru menciptakan strategi pembelajaran baru untuk melatih kemampuan pra menulis bagi anak cerebral palsy tipe spastik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pra Menulis; Kegiatan Melukis; Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 16 May 2025 04:12
Last Modified: 16 May 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item
View Item