Aplikasi Penguatan kepada Siswa di Sekolah (Studi Deskriptif pada SMA Negeri Kota Sungai Penuh)

Halik, Al (2017) Aplikasi Penguatan kepada Siswa di Sekolah (Studi Deskriptif pada SMA Negeri Kota Sungai Penuh). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AL_HALIK_14151026_093_2017.pdf] Text
B1_01_AL_HALIK_14151026_093_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya peran guru dalam memberikan penguatan terhadap perilaku positif yang ditampilkan siswa dan penguatan belum menjadi prioritas penting dalam proses pembelajaran. Kualitas pemahaman tentang penguatan merupakan faktor yang diduga mempengaruhi pemberian penguatan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas penguatan Guru MP/BK-K kepada siswa di sekolah serta pendapat siswa tentang penguatan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian adalah semua Guru Mata Pelajaran dan Guru BK atau Konselor, serta siswa SMAN Kota Sungai Penuh, dengan jumlah sampel 101 guru yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dan 160 siswa yang dipilih dengan proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif(teknik persentase).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas penguatan Guru MP/BK-K kepada siswa di sekolah berada pada kategori baik, dengan skor rata-rata Guru BK atau Konselor lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata Guru Mata Pelajaran. Kemudian, skor rata-rata pemahaman guru terkait dengan materi tujuan penguatan berada pada kategori baik dan bentuk penguatan berada pada kategori cukup, serta (2) pendapat siswa tentang penguatan yang diberikan oleh GuruMP/BK-K secara keseluruhan berada pada kategori cukup, secara khusus: (a)pendapat siswa berdasarkan jenis kelamin, jurusan dan kelas, (b) pendapat siswa tentang strategi guru memberikan penguatan, dan (c) dampak penguatan yang diberikan oleh guru masing-masing memperoleh skor rata-rata pada kategori cukup, dengan perbedaan yang tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Penguatan; Guru Mata Pelajaran; Guru BK atau Konselor; Siswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:16
Last Modified: 20 Jan 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item
View Item