Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Komputer (Animasi Flash Power Point) terhadap Hasil Belajar IPS Materi Sejarah Kelas VII di SMP Negeri 7 Sawahlunto

Putri, Yosi Elka (2013) Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Komputer (Animasi Flash Power Point) terhadap Hasil Belajar IPS Materi Sejarah Kelas VII di SMP Negeri 7 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YOSI_ELKA_PUTRI_84571_1221_2013.pdf] Text
B1_2_YOSI_ELKA_PUTRI_84571_1221_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPS materi sejarah di SMP Negeri 7 Sawahlunto pada kemampuan menjelaskan konsep diakibatkan kurangnya variasi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran, sehingga hanya sedikit siswa yang mampu untuk menjelaskan konsep. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan media berbasis komputer (animasi flash power point) dalam pembelajaran agar siswa terlatih untuk menjelaskan konsep. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan media berbasis komputer (animasi flash power point) dalam menjelaskan konsep terhadap hasil belajar IPS materi Sejarah di SMP N 7 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen dengan rancangan penelitian control group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 7 Sawahlunto. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random dengan teknik random kelompok. Dari populasi yang ada diambil dua kelas sampel yaitu VII 2 dan VII 3 . Data dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan inferensial yang terdiri dari uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata α= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis komputer (animasi flash power point) bagus digunakan dalam menjelaskan konsep sejarah dibanding dengan metode ceramah dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Setelah dianalisis berdasarkan materi pokok bahasan penggunaan media berbasis komputer (animasi flash power point) juga bagus digunakan dalam menjelaskan konsep. Berdasarkan analisis data diyakini bahwa penggunaan media berbasis komputer (animasi flash power point) lebih bagus digunakan kalau tujuan pembelajaran untuk menjelaskan konsep dan dapat tersedianya konsep dari suatu materi. Dengan demikian dapat disarankan agar guru meningkatkan pembelajaran ke arah menjelaskan konsep, guru harus terampil membuat media berbasis komputer (animasi flash power point) dalam kegiatan pembelajaran dan guru harus aktif mencari konsep mengenai materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media berbasis komputer, Animasi Flash PowerPoint, Hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 16 May 2025 03:28
Last Modified: 16 May 2025 03:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10980

Actions (login required)

View Item
View Item