Mardhiah, Radhia (2015) Pelaksanaan Bimbingan Pengembangan Diri pada Anak Down syndrome Berprestasi: Deskriptif Kualitatif di SLB YPPLB Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RADHIA_MARDHIAH_1100256_196_2016 1.pdf [thumbnail of B1_2_RADHIA_MARDHIAH_1100256_196_2016 1.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RADHIA_MARDHIAH_1100256_196_2016 1.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya temuan anak down syndrome berprestasi di SLB YPPLB Padang, berprestasi adalah asuhan dan didikan dari sekitar salah satunya adalah
orang tua dan guru sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan pengembangan diri pada anak down syndrome berprestasi di SLB YPPLB Padang.
Metode ini bersifat deskriptif kualitatif, yang difokuskan pada pelaksanaan atau persiapan yang diberikan sekolah, kendala yang dihadapi sekolah dan upaya untuk kendala yang
dihadapi sekolah yang diberikan pada anak down syndrome. subjek penelitian ini adalah guru musik dan kepala sekolah di SLB YPPLB Padang. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu sekolah memberi persiapan dengan memberi fasilitas yang disukai anak untuk mengembangkan potensi, serta diberi pelatih khusus dengan jadwal 2 kali dalam seminggu, guru memberikan peralatan yang cukup dengan cara melalui proses evaluasi
serta menggunakan metode demonstrasi eksperimen dan memperhatikan kondisi anak. Guru melatih anak dengan cara selalu mendampingi anak setiap latihan dan memperhatikan
kesalahan pada anak dan latihan yang dilakukan oleh guru di sekolah sangat santai dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 May 2025 08:50 |
Last Modified: | 15 May 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10914 |