Tahapan Adopsi Inovasi Pembelajaran pada Program Paket C-IPS di PKBM Bhakti Ibu Nusantara Kota Padang

Binawan, Binawan (2019) Tahapan Adopsi Inovasi Pembelajaran pada Program Paket C-IPS di PKBM Bhakti Ibu Nusantara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_BINAWAN_15005062_4089_2019.pdf] Text
B1_04_BINAWAN_15005062_4089_2019.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya inovasi yang cukup tinggi yang menyebabkan banyaknya warga belajar mengikuti kegiatan pembelajaran Paket C-IPS. Inovasi tersebut dilihat dari kemajuan di bidang teknologi yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Inovasi tersebut meliputi inovasi instrumen. Wujud inovasi instrumen yaitu (1) peralatan pembelajaran berupa LCD proyektor; dan (2) pemanfaatan aplikasi berbasis daring dan luring. Warga belajar yang terdaftar di PKBM lebih antusias mengikuti pembelajaran melalui pembelajaran daring. Informasi lain yang diperoleh adalah bahwa pada tahun 2019 PKBM Bhakti Ibu Nusantara telah meningkatkan intensitas pemanfaatan inovasi di bidang teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran. Wujud inovasi yang digunakan adalah kelompok diskusi mata pelajaran melalui daring yang memanfaatkan aplikasi Whatsapp. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan tahapan inovasi pembelajaran Paket C-IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif karena ingin menggambarkan seluruh variabel dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini merupakan warga belajar Paket C-IPS di PKBM Yayasan Bhakti Ibu Nusantara yang berjumlah 34 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dengan subyek sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tahap pengenalan inovasi pembelajaran sudah berjalan sangat baik; (2) tahap persuasi inovasi pembelajaran sudah berjalan baik; (3) tahap keputusan inovasi pembelajaran sudah berjalan sangat baik; (4) tahap implementasi inovasi pembelajaran sudah berjalan sangat baik; (5) tahap konfirmasi inovasi pembelajaran sudah berjalan sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, inovasi pembelajaran, tahapan adopsi inovasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 15 May 2025 08:50
Last Modified: 15 May 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item
View Item