Nisa, Khairun (2021) Efektivitas Teknik Alba untuk Mengurangi Pengucapan Omisi dalam Membaca Permulaan pada Anak Disleksia (Single Subject Research di Kelas III SDN 03 Kuamang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_KHAIRUN_NISA_16003023_5110_2021.pdf [thumbnail of B1_2_KHAIRUN_NISA_16003023_5110_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_KHAIRUN_NISA_16003023_5110_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap
individu karena sebagian besar informasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari
berbentuk tulisan, sehingga memerlukan keterampilan membaca untuk
memperoleh informasi tersebut. Ada beberapa anak yang mengalami kesulitan
membaca atau disebut juga dengan istilah disleksia. Anak dengan disleksia sering
ditemukan disekolah reguler, dan mereka memerlukan bimbingan dalam belajar
membaca agar dapat mengurangi kesalahan membaca yang dilakukan oleh anak
yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca.
Bimbingan yang diberikan dapat berupa intervensi yang salah satunya yaitu
penggunaan Teknik Alba. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk
mengurangi pengucapan omisi dalam membaca permulaan pada anak disleksia
dengan menggunakan Teknik Alba.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk
single subject research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Target
behaviour dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengurangi pengucapan omisi
pada saat membaca dengan bentuk penilaian yang diberikan dalam bentuk
presentase. Subjek penelitian ini adalah seorang laki-laki yang duduk dikelas III
SDN 03 Kuamang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan alat
pengumpulan data berupa instrument tes kemampuan membaca kata berpola kv
kv-kv. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis visual yang
meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada saat pemberian intervensi
dengan menggunakan Teknik Alba untuk mengurangi pengucapan omisi dalam
membaca permulaan yang dilakukan pada anak disleksia berkurang pada
kelompok kata berpola kv-kv-kv. Pada analisis dalam kondisi dengan jumlah
variabel dengan hasil analisis kecenderungan stabilitas pada kondisi A1=60%,
B=30%, dan A2= 100%. Pada analisis antar kondisi berupa presentase overlape
pada kondisi A1 dengan kondisi B seberar 0% dan pada kondisi A2 dengan
kondisi B sebesar 0%. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian intervensi
dengan menggunakan Teknik Alba efektif dalam mengurangi pengucapan omisi
dalam membaca permulaan pada anak disleksia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:48 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10908 |