Putra, Berkah Adityo Szauli (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA 5 Bengkulu Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_BERKAH_ADITYO_SZAULI PUTRA_16058071_3834_2021.pdf [thumbnail of B1_04_BERKAH_ADITYO_SZAULI PUTRA_16058071_3834_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_BERKAH_ADITYO_SZAULI PUTRA_16058071_3834_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media pembelajaran monopoli dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model 4D, dengan empat langkah utama yang terdiri atas pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X IPS 4 SMA N 5 Bengkulu Utara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon/praktikalitas siswa atas media pembelajaran monopoli dan soal pree-test dan post-test siswa. Data dari pelaksaaan pembelajaran ini dianalisis menggunakan pedoman kriteria penelitian dalam bentuk presentase. Sedangkan data pre-test dan post-test dianalisa menggunakan T-hitung & dari T-tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi dengan perbandingan T-Hitung >T-Tabel.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Media Pembelajaran, Permainan Monopoli |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:44 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10894 |