Rahmat NZ, Bedrial (2012) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_Bedrial Rahmat NZ (04917).pdf [thumbnail of B1_2_Bedrial Rahmat NZ (04917).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_Bedrial Rahmat NZ (04917).pdf
Download (3MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto Baru
Dharmasraya masih rendah. Salah satu cara yang diperkirakan dapat mengatasi
masalah ini adalah dengan menerapkan ”Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Teams Achivement Division (STAD)”. Model pembelajaran ini merupakan
model pembelajaran yang dapat menumbuhkan sikap kerjasama dan rasa
tanggung jawab siswa dengan sesama anggota kelompok dalam memahami materi
dan tugas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan aktivitas
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya yang menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Pemahaman konsep matematika siswa
yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik
daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dan deskriptif dengan model
rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya. Sampel
dalam penelitian ini adalah Kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
pemahaman konsep dan lembar observasi. Tes pemahaman konsep memuat soalsoal pemahaman konsep matematika. Data yang diperoleh dari tes pemahaman
konsep dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa cenderung meningkat
dan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang belajar dengan
pembelajaran konvensional. Ini dapat diketahui dari nilai rata-rata tes pemahaman
konsep dari kedua kelas sampel dan hasil analisis uji t dengan α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:11 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10886 |