Febrianti, Rika (2011) An Analysis of English Teaching Materials Used at SMK N 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_RIKA_FEBRIANTI_67418_2874_2011.pdf [thumbnail of B1_RIKA_FEBRIANTI_67418_2874_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_RIKA_FEBRIANTI_67418_2874_2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah menganalisa materi ajar di SMK N 6 dalam aspek: 1) relevansi antara tujuan modul dengan Silabus Bahasa Inggris, 2) relevansi isi modul dengan silabus, 3) kesesuaian kebahasaan dalam modul terhadap level siswa, 4) ketersediaan keahlian yang dibutuhkan siswa dalam modul, 5) kesesuaian design modul bagi siswa: ukuran, berat, layout, 6) kesesuaian pengaturan isi modul bagi siswa; kesesuaian dengan topik, menurut basis kompleksitas, ketersediaan latihan dan review, dan 7) relevansi metodologi pengajaran dalam modul terhadap kebutuhan siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yaitu menggambarkan dan mengolah data yang didapat berdasarkan keadaan yang sebenarnya atau yang terjadi di lapangan. Penelitian difokuskan pada jurusan Akomodasi Perhotelan di SMK N 6 Padang. Objek penelitian adalah materi ajar yang digunakan guru Bahasa Inggris dalam proses belajar dan mengajar yakni lima buah modul. Instrumen penelitian terdiri dari checklist format, pedoman wawancara dan dua orang expert scorer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tujuan modul sudah relevan dengan silabus yakni kebutuhan kompetensi dalam silabus, 2) masih rendahnya relevansi isi modul dengan silabus, 3) kebahasaan dalam modul sudah sesuai bagi level siswa, 4) masih kurangnya ketersedian materi keahlian tertentu, yakni keahlian mendengar bagi siswa, 5) design modul yang belum sesuai bagi siswa, 6) terdapatnya masalah dalam pengaturan isi modul: tidak berdasarkan basis kompleksitas, dan 7) adanya relevansi antara metodologi pembelajaran dalam modul dengan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relevansi dengan silabus, Kesesuaian kebahasaan, Desain modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:11 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10883 |