Faira, Yolanda (2022) Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Peningkatkan Pembelajaran Bangun Datar bagi Siswa Tunadaksa di SLB N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_Yolanda_Faira_17003110_1824_2022.pdf [thumbnail of B1_2_Yolanda_Faira_17003110_1824_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_Yolanda_Faira_17003110_1824_2022.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa tunadaksa yang masih belum menguasi pembelajaran keliling dan luas bangun datar. Sehingga mengakibatkan anak tidak paham ketika dihadapkan dengan berbagai soal bangun datar yang menyangkut hitungan keliling dan luas yang ditemukan dalam pembelajaran sekolah, yang juga di persulit dengan penggunaan media yang masih kurang efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas dari penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran bangun datar pada siswa tunadakasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk SSR (Single Subject Research) dengan desain A1-B-A2. Teknik analisis data yaitu dengan analisis visual grafik. Pengumpulan data melalui observasi langsung dan menggunakan jenis pengukuran dalam bentuk persentase (%) dengan mencatat data memakai format pengumpulan data yaitu instrument tes berbentuk ceklis. Desain A1-B-A2 yang dilakukan selama 17 sesi pengamatan dengan subjek tunggal. Kondisi baseline (A1) terdiri dari 5 sesi, kondisi intervensi (B) terdisi dari 7 sesi, dan kondisi baseline (A2) 5 sesi. Subjek penelitiannya adalah siswa tunadaksa berjenis kelamin perempuan kelas IX di SLB N 2 Pariaman. Berdasarkan dari analisis kondisi (A1-B-A2) di dapatkan anak mampu menghitung keliling dan luas setelah diberikan intervensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase penelitian dari kondisi awal baseline (A1) yang hanya diperoleh oleh siswa sebanyak 10%, yang meningkat pada kondisi intervensi (B) yaitu siswa memperoleh persentase 70% dan pada kondisi baseline akhir (A2) persentase yang diperoleh adalah 80%. Jadi berdasarkan dari hal tersebut terbukti bahwa kemampuan dalam pembelajaran bangun datar materi keliling dan luas dapat meningkat secara positif dengan dilakukannya intervensi dengan menggunakan multimedia interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interakti, Bangun Datar, Tunadaksa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:07 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10854 |