Alti, Witra (2017) Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Elaborasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Ekspalaining Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_WITRA_ALTI_1306119_4241_2017.pdf [thumbnail of B1_04_WITRA_ALTI_1306119_4241_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_WITRA_ALTI_1306119_4241_2017.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya aktivitas siswa yang secara garis besar terlaksanan dalam kegiatan elaborasi pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung yaitu seperti membaca, menulis, menganalisis, berdiskusi, dan berkomuniasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah bertujuan untuk melihat sejauh mana peningkatan aktivitas siswa terutama dalam kegiatan elaborasi dengan menggunakan model pembelajaran student fasilitator and eksplaining mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Lboratorium UNP. Ada pun cara yang dapat membantu meningkatkan aktivitas tersebut adalah melalui penggunaan model student fasilitator and eksplaining serta indikator aktivitas yang berada pada kategori baik sebanyak terdapat 9 indikator. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sejauh mana peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan elaborasi dengan menggunakan model pembelajaran student fasilitator and eksplaining mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Satu siklus dilaksankan dalam tiga kali pertemuan. Masing masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa Telly yang memuat hasil pbservasi aktivitas siswa dalam kegiatan elaborasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik presentase dengan rumus P= (f/N) x 100 dan TRC= n/N x100. Subjek peneitian adalah kelas XI IPS 4 SMA Pembangunan Laboratorium UNP tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 orang. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dalam kegiatan elaborasi. Hal ini dilihat berdasarkan instrumen penelitian yang dilihat pada tiap pertemuan. Dengan kata lain, pembelajaran dengan model student fasilitator and eksplaining terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan elaborasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model student fasilitator and eksplaining dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENELITIAN TINDAKAN KELAS, MODEL STUDENT FASILITATOR AND EKSPLAINING |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:06 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10848 |