Rahayu, Yolanda Anggia (2015) Interaksi Belajar Mengajar dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_YOLANDA_ANGGIA_RAHAYU_55222_2924_2015.pdf [thumbnail of B1_2_YOLANDA_ANGGIA_RAHAYU_55222_2924_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_YOLANDA_ANGGIA_RAHAYU_55222_2924_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi belajar mengajar antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengungkapkan tentang interaksi belajar mengajar antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Teknik pengumpulan data adalahpengamatan dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa pengamatan yaitu pengamatan tentang interaksi belajar mengajar antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar berjumlah 21 orang. teknik analisa data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data tentang interaksi belajar mengajar dalam pembelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih sangat kurang interaksi belajar mengajar antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar yang dilihat dari kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan (menyiapkan peserta didik untuk belajar), kegiatan inti (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, mengkomunikasikan), dan kegiatan penutup. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi belajar mengajar antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 2 Batusangkar masih kurang dilihat dari kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Belajar Mengajar, Pembelajaran Sejarah Indonesia, SMA |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:06 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10846 |