Ratna, Winda Yulia (2013) Tinjauan terhadap Layanan Referensi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi (PPBH). Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_7_WINDA_YULIA_RATNA_57750_3887_2013.pdf [thumbnail of B1_7_WINDA_YULIA_RATNA_57750_3887_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_7_WINDA_YULIA_RATNA_57750_3887_2013.pdf
Download (452kB)
Abstract
Penulisan makalah ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang: (1)kegiatan pokok dan kegiatan penunjang layanan referensi di UPT PerpustakaanProklamator Bung Hatta Bukittinggi (PPBH), (2) kendala dan upaya yangdihadapi dalam layanan referensi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung HattaBukittinggi (PPBH).Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan pustakawandi UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Penganalisaan datadilakukan secara deskriptif.Berdasarkan data yang dianalisis dapat disimpulkan: Pertama, di UPTPerpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi (PPBH) kegiatan pokoklayanan referensi belum terlaksana dengan baik, seperti: belum adanyamemberikan informasi umum dan khusus kepada pemustaka, tidak ada bantuandalam penelusuran informasi layanan referensi, belum ada memberikanpengarahan karena pustakawan yang belum mengerti cara melayani pemustakadengan baik karena tidak memiliki latar belakang pendidikan pustakawan.Pustakawan hanya menjawab pertanyaan yang diajukan pemustaka tetapi tidakmemberikan bimbingan tentang jenis-jenis koleksi yang tersedia pada koleksireferensi. Kemudian kegiatan penunjang juga belum terlaksana dengan semestinyaseperti: di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi (PPBH) belumada melakukan kerjasama dengan perpustakaan lain untuk pertukaran informasi,belum ada menyelenggarakan pendidikan formal maupun non formal kepadapemustaka, belum adanya promosi koleksi perpustakaan kepada masyarakatumum, dan belum ada mengumpulkan serta menyajikan statistik sebagai bahanrujukan dalam laporan. Kedua, kendala-kendala dan upaya yang menyebabkanbelum efektifnya layanan referensi di PPBH adalah kurangnya petugas danpemahaman terhadap layanan referensi, tidak adanya promosi koleksi referensi,tidak adanya kerjasama atau silang layan dengan perpustakaan lain, fasilitaspenunjang seperti komputer untuk menelusur informasi belum bisa digunakan.Seharusnya UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi (PPBH)meletakkan pegawai yang mengerti dengan layanan referensi, melakukan promosikoleksi supaya tidak terjadi miss communication, melakukan silang layan denganperpustakaan lain misalnya perpustakaan propinsi atau perpustakaan nasional danmengaktifan kembali komputer untuk memudahkan pemustaka dalam menelusurinformasi.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN REFERENSI, PERPUSTAKAAN |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan-D3 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:06 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10844 |