Frandika, Bayu (2016) Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Variasi Gaya Mengajar Guru Sejarah dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 1 Tanjung Mutiara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_BAYU_FRANDIKA_55251_6028_2016.pdf [thumbnail of B1_2_BAYU_FRANDIKA_55251_6028_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_BAYU_FRANDIKA_55251_6028_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari studi dokumentasi yang penulis lakukan di SMA
Negeri 1 Tanjung Mutiara terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X. Hampir
semua siswa kelas X tidak tuntas dalam ujian tengah semester mata pelajaran
sejarah. Setelah penulis melakukan wawancara dengan beberapa orang siswa, salah
satu faktor penyebabnya adalah kurangnya variasi gaya mengajar guru dalam proses
pembelajaran yang menimbulkan kebosanan pada siswa dalam belajar. Sehubungan
dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
persepsi siswa terhadap variasi gaya mengajar guru sejarah dengan hasil belajar
sejarah siswa kelas X SMA Negeri Tanjung Mutiara.
Jenis Penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara yang berjumlah 288 orang. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, diambil menggunakan cara simple random
sampling yang dikemukakan oleh (Riduwan (2011: 41). Pengumpulan data dari
responden dilakukan melalui pengamatan dengan menggunakan model skala
likert.Data yang telah terkumpul lalu dianalisis secara statistik dengan menggunakan
rumus Product Moment.
Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh hasil
perbandingan r hitung lebih besar dari rtabel dengan nilai rhitung 0,268 > rtabel
0,235. hal ini berarti terdapat hubungan persepsi siswa antara variasi gaya mengajar
guru dengan hasil belajar sejarah siswa. Selain itu, dari hasil uji hipotesis per
indikator antara hasil belajar sejarah siswa dengan enam indikator variasi gaya
mengajar guru diperoleh hasil empat indikator yang berkorelasi. Keempat indikator
yaitu penggunaan variasi suara, pemusatan perhatian, gerakan badan dan mimik, dan
pergantian posisi guru dalam kelas. sementara dua indikator lagi tidak berkorelasi
dengan hasil belajar, yaitu indikator kesenyapan dan mengadakan kontak pandang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
antara persepsi siswa terhadap variasi gaya mengajar guru sejarah dengan hasil
belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara, yang berarti Ho
ditolak. Jadi semakin tinggi variasi gaya mengajar guru, maka semakin tinggi pula
hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi Gaya Mengajar Guru |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:05 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10838 |