Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMAN 3 Padang

Watryuni, Kiki Syarli (2012) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_KIKI SYARLI WAHYUNI_01773.pdf] Text
B1_2_KIKI SYARLI WAHYUNI_01773.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered) berdampak
pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang rendah karena siswa dibiasakan
untuk melihat dan mendengarkan penjelasan guru dalam menyelesaikan soal tanpa
mencoba sendiri. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa adalah model Problem Based Instruction
(PBI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas X SMAN 3 Padang dengan
diterapkannya model pembelajaran PBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkannya model
PBI. Hipotesis dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas
X SMAN 3 Padang setelah diterapkannya model PBI lebih baik daripada sebelum
diterapkannya model PBI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen. Rancangan dari
penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X.4 SMAN 3 Padang yang ditentukan dengan teknik purposive
sampling. Instrument pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes yang
diberikan berupa soal essay yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum
dilakukannya penelitian(pretest) dan setelah diterapkannya model PBI(posttest).
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata skor
kemampuan pemecahan masalah siswa pada tes akhir lebih tinggi daripada tes awal.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari sebelum dan setelah
diberikan perlakuan dapat dilihat secara statistik dengan uji t. Dari hasil perhitungan
dengan uji t dengan taraf nyata 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan
masalah siswa setelah diterapkannya model PBI lebih baik daripada sebelum
diterapkannya model PBI.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 03:59
Last Modified: 15 May 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item
View Item