Efektvitas Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding bagi Anak Tunarungu: Pre-Eksperimental Design Kelas X di SLBN 2 Padang

Amelia, Kiki Frizka (2022) Efektvitas Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding bagi Anak Tunarungu: Pre-Eksperimental Design Kelas X di SLBN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_KIKI_FRISKA_AMELIA_16003104_885_2022.pdf] Text
B1_2_KIKI_FRISKA_AMELIA_16003104_885_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat
kemampuan vokasional membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu di SLBN 2
Padang. Permasalahan yang ditemukan yaitu anak belum mampu membuat hiasan
dinding yang sebelumnya memang belum pernah diajarkan kepada anak. Penelitian
ini bertujuan untuk membuktikan bahwa model explicit instruction efektif dalam
meningkatkan keterampilan vokasional membuat hiasan dinding bagi anak
tunarungu kelas X di SLB Negeri 2 Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperiment dengan
bentuk pre-eksperimental design, dengan jenis one group pretest-posttet. Subjek
penelitian ini terdiri dari lima orang siswa. Penelitian ini terdiri dari beberapa
tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan
perlakuan (pre-test) tahapan kedua yaitu pemberian perlakuan (treatment) dalam
keterampilan membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu dengan menggunakan
model explicit instruction, selanjutnya tahapan ketiga yaitu tes terakhir untuk
mengetahui seberapa jauh akibat dari treatment yang sudah diberikan (post-test).
Nilai dari pre-test dan post-test diolah serta dibandingkan dengan menggunakan Uji
Wilcoxon Rank Test untuk menguji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil pre-test dan post-test diketahui nilai rata-rata pre-test
16,80 dan nilai rata-rata post-test 90. Nilai rata-rata diolah untuk dicari
perbedaannya dengan menggunakan Uji Wilcoxon Rank Test. Dari hasil analisis
data diperolah Zhitung = 2.02 dan Ztabel = 1.96 pada taraf signifikan 5% dan α =
0,05. Hipotesis alternatif diterima karena Zhitung > Ztabel. Jadi dapat disimpulkan
bahwa explicit instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional
membuat hiasan dinding bagi anak tunarungu di SLBN 2 Padang. Hasil penelitian
ini sekiranya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru agar dapat
menggunakan model explicit instruction dalam meningkatkan keterampilan
vokasional anak khususnya dalam mengerjakan cara membuat hiasan dinding.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 03:58
Last Modified: 15 May 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item
View Item